Digital Printing VS Screen Printing: Mana yang Lebih Efisien?

Apakah Anda mengetahui perbedaan antara digital printing dan screen printing? Selama bertahun-tahun, kita semua tahu bahwa perusahaan sablon kaos telah menggunakan screen printing sebagai metode untuk mencetak desain untuk kaos. Selain screen printing, perusahaan-perusahaan tersebut juga menggunakan metode alternatif seperti mencetak desain dengan menggunakan setrika. Kendala dari metode alternatif ini adalah metode ini sangat memakan waktu sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama jika terdapat banyak pesanan kaos. Tentu saja, dengan munculnya screen printing membuat pencetakan desain kaos menjadi semakin cepat hingga akhirnya screen printing menjadi metode utama yang digunakan dalam industri percetakan printing terutama di daerah Jakarta Barat. Namun lagi-lagi, screen printing harus rela digantikan oleh digital printing seiring perkembangan jaman.

Kita semua tahu bahwa kita hidup di jaman modern dimana komputer sangat membantu dalam kehidupan kita. Tentu saja, dengan adanya komputer, makin berkembang pula desain grafis dalam industri percetakan digital printing di jakarta barat. Kemampuan dalam mengaplikasikan desain grafis yang unik dengan menggunakan komputer adalah salah satu kemampuan yang paling dicari saat ini. Inilah dimana digital printing mulai muncul dan mengambil alih screen printing. Dengan digital printing, printer akan mencetak desain pada kaos secara langsung dari komputer. Dapat dikatakan, digital printing ini adalah metode alternatif abad 21 pada saat ini.

Murah dan Cepat

Meskipun screen printing masih digunakan hingga sekarang, namun banyak perusahaan percetakan digital printing di jakarta barat yang beralih untuk menggunakan metode digital printing. Selain mudah dan cepat, proses percetakan dengan menggunakan digital ini juga dinilai lebih murah dan cepat. Pada proses screen printing, Anda diharuskan untuk mengatur setiap layar untuk setiap warna yang digunakan oleh desain. Artinya, jika Anda menggunakan desain yang rumit, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak layar. Hal ini tentu saja akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja yangmana akan menaikkan biaya. Tidak mengherankan, apabila kemudian perusahaan yang menggunakan metode screen printing akan memberikan harga lebih besar daripada perusahaan yang menggunakan proses digital. Ketika Anda menggunakan proses digital, Anda tidak membutuhkan layar untuk setiap warna yang dibutuhkan oleh desain yang rumit sekalipun. Anda juga tidak perlu untuk menyiapkan layar-layar sebelum proses dimulai. Anda hanya harus menyiapkan agar kaos tidak terlipat atau tertekuk pada saat proses terjadi sehingga tintanya tidak akan meluber.

Kontrol yang Lebih Mudah

Selain lebih murah dan cepat, digital printing juga akan memudahkan Anda dalam mengontrol proses percetakan. Proses ini akan memberikan opsi auto-matching ink pada printer yang akan membuat printer untuk mencetak warna apapun yang terdapat dalam desain yang asli. Hal ini, tentu saja, akan membuat proses percetakan digital printing di jakarta barat menjadi semakin lebih cepat dan lebih mudah. Bahkan ketika Anda mendapatkan pesanan sablon kaos dalam jumlah besar, Anda tidak perlu untuk menghabiskan waktu Anda untuk mengatur warna dan layar seperti pada screen printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *