Hal-Hal yang Membedakan Serta Standar Besi SNI Besi Beton Polos dan Besi Beton Ulir

Dalam bahasa Inggris besi beton dikenal dengan nama rebar, kosakata adalah singkatan dari reinforcement steel bar. Selain itu, besi beton biasa disebut pula dengan BTB atau besi tulang beton. Material ini merupakan salah satu pembentuk beton struktur, yang berguna sebagai tulangan beton yang memberikan gaya tarik yang tak ada pada beton serta dapat menahan gaya tekan. Harga jual besin beton polos juga relatif terjangkau. Tanpa besi beton polos, beton bisa retak karena guncangan kecil.

Mengulas Standar Besi SNI dan Perbedaan Besi Beton Polos serta Besi Beton Ulir

Hal-hal yang Membedakan Besi Beton Ulir dan Polos

– Pada umumnya ada dua jenis besi beton, yakni plain bar atau besi polos dan besi ulir atau deformed bar. Besi polos mempunyai permukaan yang mulus dan licin serta penampangnya bundar. Sementara besi ulir memiliki bentuk yang sesuai namanya permukaannya terlihat memuntir atau sirip teratur, dengan pola yang tak sama hal ini tergatung pabrik yang membuatnya.

– Biasanya besi ulir digunakan untuk tulangan beton daripada besi polos. Deformed bar dibentuk ulir melalui proses rol di permukaannya, hingga mempunyai ikatan yang sangat baik antara beton dan tulangan. Bentuk ulir inilah yang meningkatkan daya lekatnya, karena itu bisa menahan gerakan batang pada beton. Ketahanan tekan besi ulir ini minimal 400 Mpa.

– Pemakain besi polos lebih jarang dibanding besi ulir. Kebanyakan besi polos dipakai untuk membungkus besi ulir yang dipasang memanjang untuk digunakan sebagai tulangan beton . Besi ini juga punya ketahanan tekan minimal 240 Mpa.

Standar SNI Besi Beton

Pemakaian besi beton sama dengan dimensi beton. Makin besar dimensi pada penampang beton, maka makin besar pula ukuran serta jumlah material yang digunakan. Ukuran besi beton sendiri ditentukan berdasarkan SNI 2052:2014 perihal BTB yakni Baja Tulangan Beton, yang dipakai di konstruksi bangunan beton.

Tetapi pada pelaksanaannya di lapangan, terkadang ditemui besi beton yang tak sesuai pada standar SNI. Besi beton yang tidak masuk kategori standar SNI ini dikenal dengan besi banci. Besi ini memiliki ukuran lebih kecil dari standar kualitas SNI yang telah ditetapkan. Untuk menekan biaya proyek biasanya besi banci ini digunakan..

Uraian dari perbedaan serta standar SNI besi beton polos dengan besi beton ulir ini setidaknya dapat menyajikan informasi yang Anda butuhkan. Terutama bagi Anda yang tengah membangun bangunan. Penting untuk tahu besi beton yang Anda butuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *