KELEMAHAN BATA RINGAN HEBEL

Dalam suatu produk, akan ada kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini akan dibahas mengenai kelemahan dari Hebel yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli Hebel dari distributor Hebel di Jakarta:

  1. Plesteran pada hebel jika tidak menggunakan semen instan akan cepat hancur.

Hebel tanpa cor akan membuat hebel mudah rapuh, dalam cuaca ekstrim seperti angin yang kencang, akan mudah roboh.

  1. Teksturnya halus sehingga perekat sulit menempel, hasilnya lebih cepat retak jika perekatnya kurang pas.
  2. Jika salah dalam pemasangannya akan timbul bercak – bercak kuning .
  3. Ukurannya besar, sehingga jika yang diperlukan ukuran kecil atau tanggung akan mengalami pemborosan.
  4. Harga lebih mahal dari Bata merah
  5. Perlu bantuan professional dalam memasang hebel agar hasilnya maksimal.
  6. Jika terkena air atau hujan, akan kering lebih lama dari bata merah.

Pada poin pertama, mengenai plesteran pada hebel. Dibutuhkan semen khusus, yaitu semen instan agar lapisan tidak mudah hancur. jika tidak memakai semen instan maka lapisannya akan mudah untuk dikelupas. Kedua tekstur yang halus juga menjadi kendala dalam proses perekatan,permukaan yang halus terkesan licin dan susah ditempelkan. Ketiga timbulnya bercak – bercak kuning dapat terjadi jika pemasangannya tidak betul, lapisannya harus betul betul kering                sebelum dipasang jika tidak bekas tersebut tidak dapat dihindari. Keempat ukurannya cukup besar untuk bidang – bidang yang tanggung atau membutuhkan ukuran kecil, karena akan membuang sisanya, hingga terjadi pemborosan bahan. Kelima harganya lebih tinggai dari bata merah dan batako. Keenam perlu tukang yang sangat berpengalaman dalam memasang hebel karena jika tidak akan terlihat dampaknya.

Disamping itu ada hal yang menyababkan dinding hebel cepat retak:

Kualitas Hebel yang kurang baik

Meskipun pada dasarnya semua hebel tersebut dari bahan-bahan yang sama, tetapi kalau takaran bahan yang dipakai tidak tepat atau proses pembuatannya keliru akan mengakibatkan mutu hebel tersebut menurun.

Pemasangan yang Terburu-buru

Pilihlah tukang yang cermat,agar lebih hemat, Anda pun memberikan upah kepada tukang tadi dengan sistem borongan. Namun bila tukang yang Anda mintai pertolongan memiliki sifat yang kurang baik,maka dia akan terburu-buru dalam memasang hebel sehingga waktu pengerjaannya menjadi lebih singkat tanpa mempedulikan hasil akhirnya nanti.

Spesi yang Tidak Sesuai

Spesi adalah istilah yang merujuk pada bahan perekat yang dipakai untuk memasang bata. Khusus untuk memasang bata ringan, Anda sebaiknya menggunakan semen instan sebagai bahan perekatnya. Hanya perlu mencampurkan semen ini dengan air secukupnya sehingga membentuk pasta yang bisa dipakai untuk menempelkan bata ringan. Apabila semen instan yang Anda gunakan tidak sesuai, campurannya dengan air tidak tepat, atau aplikasinya yang terlalu tipis, akibatnya dinding mudah retak.

Beban yang Terlalu Berat

Ciri-ciri dinding yang retak akibat beban yang terlalu berat yaitu ukuran keretakannya akan bertambah lebar seiring dengan berjalannya waktu. Atasi masalah ini dengan mengurangi beban atau mengaplikasikan plester pada dinding hebel.

Kondisi Cuaca yang Ekstrem

Faktor cuaca juga dapat menjadi penyebab utama mengapa dinding di rumah mengalami keretakan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi cuaca yang terlalu ekstrem, panas yang menyengat, hujan deras menyebabkan dinding hebel cepat retak.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membeli Hebel dari distributor Hebel di Jakarta, pastikan konsultasikan dulu apakah Hebel ini benar-benar yang dibutuhkan untuk melengkapi bahan bangunan Anda atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *