Kerugian Menggunakan Software Manajemen Ecommerce Multi Channel

Tidak dapat dipungkiri lagi sekarang industri ecommerce di Indonesia sedang berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya dukungan dari berbagai macam marketplace serta website-website online yang membantu banyak brands melakukan transaksi jual beli dalam ranah online. Keberadaan marketplace disini memiliki kedudukan yang sangat penting sekali karena berperan sebagai platform yang bisa mempertemukan brands dan para shoppers untuk mencari produk-produk yang mereka inginkan. Oleh karena itu brands membutuhkan software manajemen ecommerce multi channel untuk membantu mereka mengelola website ataupun marketplace mereka. Akan tetapi, meskipun software-software tersebut memiliki peran yang tinggi bagi kemajuan bisnis online kalian, ada beberapa kerugian yang harus diwaspadai juga. Berikut dibawah ini adalah beberapa kerugian dalam menggunakan software manajemen ecommerce multi channel yang perlu kalian waspadai.

Masalah Keamanan 

Meskipun tidak bisa dipungkiri lagi bahwa berbelanja online melalui ecommerce memiliki segudang keuntungan bagi para penjual sekaligus pembelinya, namun ada beberapa masalah yang membuat sebagian kecil orang merasa enggan melakukan transaksi online. Salah satu keengganan tersebut berhubungan erat dengan masalah keamanan. Ada sebagian orang yang merasa ragu untuk berbelanja online karena mereka takut data-data pribadi mereka disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab selama proses transaksi online sedang berlangsung. Hal ini tentu saja menjadi keprihatinan tersendiri dari pihak pembeli.

Terbatasnya Akses Internet 

Kerugian selanjutnya dari penggunaan software manajemen ecommerce multi channel adalah tidak semua orang atau pelanggan memiliki akses internet. Meskipun sekarang ini apa-apa sudah berbasis internet, namun tetap saja tidak semua orang bisa mengakses internet secara mudah. Mereka yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari daerah perkotaan umumnya masih mengalami masalah dengan internet. Kebanyakan dari mereka masih belum mendapatkan kemudahan dalam akses internet, bahkan yang lebih parah lagi di daerah mereka tinggal belum ada koneksi internet sama sekali. Hal begini lah yang membuat sebagian orang tidak bisa menikmati kemudahan berbelanja secara online.

Tidak Cocok Untuk Kategori Produk Tertentu 

Meskipun berbelanja online melalui e commerce merupakan salah satu pilihan berbelanja yang mudah, tidak semua orang bisa dengan nyaman melakukan proses berbelanja online karena ada beberapa produk yang tidak cocok untuk dijual dengan metode tersebut. Dalam hal seperti ini, produk yang dijual memerlukan keterlibatan yang tinggi dari pembeli. Sehingga, para pembeli lebih memilih untuk melakukan pembelian secara offline. Dengan demikian, mereka bisa melihat keadaan produk secara langsung. Jadi, jika mereka benar-benar menginginkan produk tersebut, mereka akan membeli nya secara langsung setelah mengetahui kondisi sebenarnya dari produk tersebut. Hal ini juga dapat terjadi ketika sang penjual tidak memberikan deskripsi mengenai produk yang mereka jual secara detail sehingga para pembeli ragu untuk membeli produk tersebut. Memang tidak dipungkiri bahwa berbelanja online melalui e commerce memiliki banyak keuntungan bagi penjual maupun pembelinya, namun tidak bisa dipungkiri juga masih ada beberapa kerugian dari penggunaan software manajemen ecommerce multi channel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *