Penggunaan Daun sungkai untuk program hamil

Di Indonesia sebagai Negara tropis cukup mudah menemukan tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan atau mempunyai banyak khasiat. Di Indonesia sendiri penggunaan tanaman herbal untuk pengobatan sudah banyak dipraktikkan sejak dahulu kala. Salah satu bahan herbal adalah penggunaan daun sungkai untuk program hamil.

Pemanfaatan daun sungkai selama ini dikenal sebagai minuman herbal yang bisa memberi kekebalan tubuh kepada yang mengkonsumsinya. Tanaman sungkai banyak digunakan sebagai pagar alami yang ditanam di pekarangan rumah.

Tanaman sungkai banyak dikonsumsi masyarakat Kalimantan sebagai obat demam, obat cacing, obat pilek kemudian juga digunakan untuk memandikan wanita selepas melahirkan. Tanaman ini dipercaya sebagai obat kesuburan wanita dan banyak diminum saat menjalani program kehamilan. Belum ada penelitian lanjut mengenai daun sungkai untuk program hamil namun tanaman ini sudah digunakan untuk memperlancar haid wanita. Berikut fakta mengenai daun sungkai 

Nama tanaman sungkai

Daun sungkai dikenal dengan sekai, jati sabrang atau ki sabrang. Nama latin daun sungkai adalah Peronema canescens. Banyak ditemukan di daerah sumatera, Kalimantan dan jawa barat. Daunya banyak digunakan untuk konsumsi kesehatan sedang batangnya bisa digunakan untuk pembuatan perabot. Pohon  sungkai bisa tumbuh dengan ketinggian 10 sampai 30 meter dengan diameter batang mencapai 30cm sampai 60cm. mempunyai kulit kayu berwarna abu-abu.  

Penggunaan daun sungkai untuk kesehatan

Daun sungkai dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena dengan meminumnnya bisa menambah produksi leukosit atau sel darah merah pada tubuh. Dengan meningkatnya sel darah putih maka tubuh mempunyai tameng untuk melawan berbagai penyakit sehingga tubuh lebih kuat tidak mudah sakit. Untuk itu masyarakat menggunakan tanaman ini untuk mengatasi sakit demam dan pilek.

Selain sebagai pereda demam penyakit lain bisa di atasi dengan daun sungkai adalah

  1. Cacingan 
  2. Sariawan 
  3. Sakit gigi 
  4. Meredakan memar 

Di dalam daun sungkai dipercaya mengandung anti bakteri dan antiinflamasi sehingga bisa meredakan penyakit yang membengkak atau yang berhubungan dengan infeksi. Perlu diketahui bahwa penggunaan daun sungkai untuk pengobatan memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Daun sungkai untuk wanita 

Daun sungkai untuk kesehatan reproduksi wanita sudah banyak dikenal dan digunakan secara turun menurun. Belum ada hasil penelitian lebih lengkap mengenai daun sungkai untuk kesehatan reproduksi wanita namun daun sungkai sudah banyak dimanfaatkan untuk memperlancar haid, menyuburkan kandungan dan sebagai campuran mandi setelah melahirkan normal. 

Konsumsi daun sungkai untuk kesuburan wanita dilakukan dengan meminum daun sungkai yang telah di rebus, kemudian diminum saat hangat. Meminumnya dilakukan secara teratur 1x sehari. Sedangkan untuk campuran mandi, daun sungkai direbus kemudian air rebusan dan daun sungkai ditambah air dingin digunakan untuk mandi. Dengan khasiatnya ini tanaman sungkai dimanfaatkan dengan penggunaan daun sungkai untuk program hamil. 

Banyak manfaat dari tanaman sungkai dari batang sampai daun, sedangkan untuk kesehatan seperti daun sungkai untuk program hamil bisa Anda konsultasikan kepada dokter agar lebih aman dalam mengkonsumsinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *