4 Tips Melakukan Pinjaman Kredit Online Supaya Tidak Rugi

Sekarang ini, dengan era teknologi yang semakin berkembang pesat membuat segalanya jadi lebih mudah, termasuk melakukan pinjaman kredit. Dengan hadirnya smartphone, ingin melakukan pinjaman pun tak perlu lagi harus keluar dari rumah, dan cukup berada di rumah saja. Tetapi, jika ingin melakukan pinjaman online, maka perhatikan beberapa hal berikut ini!

Pentingnya untuk bijak saat melakukan pinjaman online

Pinjaman kredit online saat ini sedang menjamur dimana-mana. Tetapi, ada hal yang harus diingat bahwa tidak semuanya terpercaya. Itulah mengapa penting untuk Anda melakukan kembali penyaringan. Bukan untuk apa-apa, hanya sebagai tindakan antisipasi saja. Jangan sampai, tujuannya mencari pinjaman, malah yang terjadi sebaliknya. Itulah mengapa sangat penting untuk bijak dalam melakukan pemilihan.

Tips memilih pinjaman kredit online

Berikut ini beberapa tips pada saat memilih pinjaman online:

Tidak meminjam di perusahaan yang tak terdaftar di OJK

Sebab penipuan yang sedang marak-maraknya secara tidak langsung, dengan menerapkan tingkat suku bunga pinjaman lewat aplikasi dana pinjaman online, maka sangat penting untuk Anda melakukan pengecekan apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK atau tidak. Biasanya, jika sudah terdaftar di OJK, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi OJK lewat aplikasi tersebut. Tetapi jika belum, pastinya mustahil untuk melakukannya.

Memahami secara jelas besaran bunga yang diterapkan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan pada saat melakukan pinjaman kredit online adalah memahami secara jelas bagaimana besaran bunga yang ditetapkan. Biasanya, perusahaan pinjaman online akan jauh lebih besar bunganya ketimbang perusahaan dengan pinjaman konvensional. 

Ada banyak biaya tambahan yang akan dimasukkan, mulai dari biaya administrasi, biaya denda dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Anda disarankan memilih perusahaan atau aplikasi pinjaman online yang menawarkan besaran bunga terjangkau, sehingga tidak akan memberikan beban keuangan di kemudian hari.

Hindari Mengajukan Pinjaman Dana Untuk Kebutuhan Pribadi atau Konsumtif

Tips berikutnya yaitu Anda disarankan untuk menghindari melakukan pinjaman dana online dengan tujuan memenuhi kebutuhan pribadi atau konsumtif. Maksud dari kebutuhan pribadi atau konsumtif seperti membeli barang-barang branded dengan tujuan untuk gengsi saja, berfoya-foya dan lain sebagainya. Dianjurkan untuk melakukan pinjaman dana dalam rangka membuka usaha atau bisnis.

Mampu Melunasi Cicilan Setiap Bulannya

Tips terakhir yaitu memastikan bahwa ANda mampu melakukan pencicilan setiap bulannya. Para ahli keuangan banyak yang menganjurkan, jika kebutuhan kredit cicilan sebaiknya memang tidak lebih dari 30% dari total pendapatan yang dihasilkan setiap bulannya. Misalnya, Anda punya pendapatan 5 juta, maka biaya pinjaman dana online yang diajukan tidak boleh lebih dari 1,5 juta. 

Hal itu dilakukan supaya biaya kebutuhan pokok harian tetap tercukupi dan aman, sehingga tanggungan untuk membayar cicilan setiap harinya akan bisa dilunasi dengan disiplin. Demikianlah beberapa tips melakukan pinjaman kredit online. Ingat, meminjamnya jangan lebih dari 30% ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *